BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Iklan adalah informasi
yang isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada
barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada
banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa
seperti kran dan majalah atau di tempat-tempat umum.
Ada sesuatu yang paling penting dalam setiap aktivitas
“iklan kesehatan”, yakni memasarkan informasi tentang barang atau jasa mengenai
ikhwal kesehatan, dan aktivitas ini merupakan pekerjaan komunikasi. Iklan
merupakan kunci sukses dalam komunikasi kesehatan, termasuk bisnis kesehatan
dengan audiens yang mungkin juga para pelanggan sebuah produk.
B.
Rumusan Masalah
- Apa definisi iklan ?
- Apa pentingnya iklan dalam kesehatan ?
- Apa saja jenis-jenis iklan ?
- Apa fungsi iklan kesehatan ?
- Bagaimana merencanakan iklan kesehatan ?
- Apa dampak sosial dan legal iklan kesehatan ?
C.
Tujuan
- Untuk mengetahui apa itu iklan.
- Untuk mengetahui pentingnya iklan dalam kesehatan.
- Untuk mengetaui jenis-jenis iklan.
- Untuk mengetahui fungsi iklan kesehatan.
- Untuk mengetahui Bagaimana merencanakan iklan kesehatan.
- Untuk mengetahui dampak sosial dan legal iklan kesehatan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Iklan
Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak
banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang
ditawarkan. Dengan kata lain, iklan
memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang
di media massa seperti koran dan majalah atau di tempat-tempat umum.
Kata iklan berasal dari bahasa Yunani yang artinya
menggiring orang-orang kepada gagasan. Pengertian iklan secara lengkap yaitu
semua wujud aktivitas untuk mendatangkan dan menawarkan penemu atau ide, barang
dan atau jasa secara bukan personal yang dibayarkan oleh sponsor tertentu.
Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi non personal
tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan
kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses komunikasi yang
memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan
yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.
B.
Pentingnya
Iklan Dalam Kesehatan
Perlu
diperhatikan setiap produk, baik informasi atau barang-barang kesehatan yang
dihasilkan oleh produsen, akan sukses merambah pasar audiens jika produk itu
memenuhi 3 unsur:
a.
Consumer need
, Apa
yang dihasilkan oleh produsen adalah barang atau jasa yang benar-benar
merupakan kebutuhan para konsumen.
b. Marketing and
production expertise, Apa yang
dihasilkan itu tidak saja merupakan kebutuhan konsumen semata-mata melainkan
juga bagaimana cara memasarkan produk tersebut secara professional.
c. Feeling a niche
in the marketplace, Oleh karena
itu pihak produsen harus mempunyai intuisi yang tajam mengenai area pasar yang
akan dia masuki.
menyebarluaskan
informasi itulah yang diisi oleh iklan. Berarti, suskses periklanan ditentukan
oleh bagamana iklan dapat melakukan sesuatu untuk memenuhi 3 unsur tersebut.
Oleh karena itu, iklan memang sangat dibutuhkan untuk menyebarluaskan informasi
mengenai produk barang atau jasa. Iklan yang efektif harus berisi beberapa
syarat :
1. Produk yang baik adalah produk yang akan memenuhi
kebutuhan manusia. Iklan yang baik adalah iklan yang menginformasikan bahwa
barang yang di iklankan itu barang yang sangat dibutuhkan manusia sehingga para
peminat atau konsumen akan membelinya
2. Sebelum sebuah iklan mengenai sebuah produk
disebarluaskan melalui media, pengilkan harus menguji potensi pasar (misalnya
hubungan antara kebutuhan dengan daya beli), sumber dana untuk mengiklankan
produk, dan keuntungan yang akan diperoleh dari produk yang diiklankan itu
3. Kita membutuhkan iklan yang mengiklankan sebuah
produk yang tepat waktu (produk timing). Produk yang laris akan merambah pasar
jika produk iti tepat waktu dengan kebutuhan konsumen dan iklan yang baik
adalah iklan yang menginformasikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen pada
saat tersebut
4. Produsen harus merasa tertarik untuk menjual produk
yang dia hasilkan atau produk atas nama dia dan bukan atas nama orang lain.
Misalnya, dia bangga menjual produk dengan merek yan telah ditentukan, dan
merek itu juga merupakan kebanggaan konsumen. Iklan dibutuhkan untuk menyebar
luaskan informasi mengenai merek tersebut
5. Produk yang laris merambah pasar adalah produk yang
unik, lain dari yang lain, mempunyai perbedaan tanda (murah meriah), dan
karakteristik tertentu bagi konsumen
6. Produk yang laris merambah pasar adalah produk yang
harganya murah (tapi bukan murahan) sehingga dapat dibeli oleh konsumen. Iklan
dibutuhkan untuk menyebar luaskan
informasi mengenai produk yang harganya murah.
Produk yang
laris merambah pasar adalah produk yang mempunyai tipe :
1. Beneficial and evident differentiation, Produk yang
sangat bermanfaat dan terbukti manfaatnya
2. Beneficial but obscure product differentiation, Produk
yang sangat bermanfaat namun belum dikenal
3. Nonbeneficial but evident produc differentiation, Produk
yang tidak bermanfaat namun terbukti sangat membantu jika digunakan
4. Nonbeneficial and obscure product differentiation,
Produk yang tidak bermanfaat dan belum dikenal.
Iklan
dibutuhkan untuk menyebarluaskan informasi mengenai 4 tipe produk tersebut
sehingga audiens atau konsumen akan terus mengikuti perkembangan manfaat dan
popularitas sebuah produk.
C.
Jenis - Jenis Iklan
1.
Jenis Umum Iklan
Kita dapat menggolongkan iklan secara umum sebagai
berikut :
a.
Iklan Tanggung Jawab
Sosial
Sering
kali jenis iklan ini disebut iklan layanan masyarakat, yakni iklan yang
bertujuan mengajak masyarakat melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Contoh :
iklan yang menganjurkan agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya, iklan
memakai helm standar untuk mencegah kecelakaan lalu lintas, dan lain – lain.
b.
Iklan Bantahan
Iklan
bantahan adalah iklan yang bertujuan untuk membantah atau mengklaim sebuah
informasi atau gagasan mengenai sebuah produk. Contoh : sebuah perusahaan susu
bernama PT. AKBAR yang memproduksi susu merk susu ASI membayar seorang
pengacara untuk mengiklankan bantahan atas produk tiruan susu ASI yang dibuat
oleh PT.CERIA. Tujuan iklan ini untuk membantah kehadiran susu ASI tiruan yang
beredar di pasar karena menggangu pemassaran susu ASI dari PT. AKBAR.
c.
Iklan Pembelaan
Jika
perusahaan PT.CERIA merasa bahwa dia tidak meniru susu ASI yang diproduksi PT.
AKBAR, pengacara yang mewakili PT.CERIA dapat melakukan pembelaan melalui
iklan.
d.
Iklan Perbaikan
Adalah
pemasangan iklan untuk memperbaiki kesalahan isi sebuah iklan agar audiens atau
pelanggan dapat mengetahui informasi yang sebenarnya.
e.
Iklan Keluarga
Iklan
yang berkaitan dengan penyebarluasan informassi mengenai kejadian keluarga,
misalnya iklan ucapan selama HUT, iklan selamat atas prestasi, iklan turut bela
sungkawa, dan lain – lain.
2.
Jenis Khusus Iklan
a.
Iklan
berdasarkan khalayak sasaran psikografis
1)
Iklan konsumen
Iklan
yang ditujukan untuk memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen tertentu (
untuk mendapatkan konsumen baru atau mempertahankan konsumen yang sudah ada ).
2)
Iklan
perdagangan
Iklan
yang memperkenalkan liku – liku perdagangan sebuah produk barang atas jasa.
3)
Iklan industry
Iklan
yang memperkenalkan jenis – jenis produk industri yang dihasikan oleh sebuah
perusahaan, misalnya industri mesin, peralatan atau perlengkapan, komponen
material yang digunakan untuk menghasilkan barang tertentu, dan lain – lain.
4)
Iklan professional
Iklan
yang memperkenalkan produk tertentu yang digunakan oleh kelompok profesional,
misalnya iklan yang ditujukan kepada para arsitek ( iklan alat – alat gambar
arsitek ) iklan alat – alat kedokteran untuk para dokter, dan lain – lain.
5)
Iklan organisasi
Iklan
yang memperkenalkan liku –liku perkembangan, jatuh dan bangunnya sebuah
organisasi ( jenis iklan organisasi dan perdagangan ini merupakan jenis iklan
jenis iklan yang bertujuan untuk mempertahankan atau membentuk citra yang
positif )
b.
Iklan
berdasarkan khalayak sasaran geografis.
1)
Iklan
internasional
Iklan dari
sebuah produk yang berdaya jangkau internasional.
2)
Iklan nasional
Iklan dari
sebuah produk yang berdaya jangkau nasional.
3)
Iklan regional
Iklan dari
sebuah produk yang berdaya jangkau regional.
4)
Iklan lokal
Iklan dari
sebuah produk yang berdaya jangkau lokal.
c.
Iklan
berdasarkan penggunaan media penyalur pesan.
1)
Iklan media
cetak
Iklan yang disebarkan
melalui media cetak.
2)
Iklan media
elektronik
Iklan yang
disebarkan melalui media elektronik.
d.
Iklan
berdasarkan fungsi dan tujuan
1)
Iklan produk dan
bukan produk
Iklan
produk adalah iklan yang menyebar luaskan informasi mengenai sebuah produk, dan
iklan bukan produk adalah iklan yang tidak memperkenalkan produk, misalnya
iklan keluarga, iklan layanan masyarakat, dan lain – lain.
2)
Iklan komersial dan
bukan komersial
Iklan
komersial adalah iklan yang menyebarluaskan informasi tentang produk yang akan
dijual, dan iklan bukan komersial adalah iklan mengenai produk yang bersifat
layanan kepada publik atau iklan sosial/masyarakat.
3)
Iklan berdampak
langsung dan bukan langsung
Iklan
berdampak langsung adalah iklan diranacang sedemikian rupa untuk mengajarkan
perilaku individu atau kelompok sasaran. Contoh dalam iklan layanan masyarakat
dapat diiklankan metode dan teknik membuang sampah pada tempatnya menguras air
dari bak atau drum untuk mencegah nyamuk, dan lain-lain. Iklan tersebut
mengajarkan sebuah praktik yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan
masyarakat.
D.
Fungsi – Fungsi Iklan Kesehatan
Semua
iklan, termasuk iklan kesehatan, yang disebar luaskan melelui media masa,
mempunyai beberapa fungsi:
1.
Fungsi iklan pemasaran
Fungsi iklan dalam pemasaran berkaitan
erat dengan target pasar dari sebuah produk. Jadi, iklan merupakan salah satu
bentuk atau strategi pemasaran (selain persoanl selling). Iklan berfungsi
menyebar luaskan 4 P+1S, Produk, price, place, dan promotion+service. Perhatikan, sebagian iklan sedapat mungkin
memperkenalkan produk (promotion), menyampaikan karakteristik produk, harga
produk, tempat sebuah produk (agar orang dapat melihat atau membeli produk
tersebut disuatu tempat yang telah ditrentukan), dan bagaimana melayani
konsumen sebaik-baiknya agar puas.
2.
Fungsi efek pemasaran.
a.
Mengidentifikasi
produk dan menjelaskan perbedaan produk tersebut dengan produk lain.
b.
Mengomunikasikan
informasi mengenai produk tertentu.
c.
Menganjurkan
pencobaan produk baru secara bertahap dan akhirnya membuat para peminat
memutuskan untuk membeli dan tetap memakai barang yang diiklankan itu.
d.
Merangsang
penyebaran iklan produk yang pada gilirannya mengakibatkan peningkatan
pengunaan produk (artinya juga, pihak produsen akan meningkatakan jumlah
produk).
e.
Membangun
perasaan konsumen agara tetep merasa dekat dan mencintai produk. Akibatnya,
konsumen akan tetap memakai produk tersebut dalam jangka waktu yamg lama.
3.
Fungsi komunikasi.
a.
Memberikan
penerangan dan informasi tentang produk.
b.
Memberikan pesan
yang berbau pendidikan.
c.
Berusaha
menciptakan pesan yang menghibur.
d.
Memengaruhi
khalayak.
4.
Fungsi ekonomi
Fungsi iklan untuk menginformasikan
mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan keadaan dan perkembangan ekonomi
suatu masyarakat. Misalnya, dengan kehadiran iklan kita dapat mengetahui bahwa
dipasar ada bahwa di pasar baru untuk sebuah produk, memberikan informasi
mengenai persaingan produk, dan lain-lain.
5.
Fungsi sosial
Iklan yang bermanfaat untuk mengajak
masyarakat melakukan aktivitas pro sosial.
6.
Fungsi berdasakan kepentingan komunikator dan
komunikan
a.
Komunikator-komunikator
merupakan organisasi pemasang iklan atau organisasi bisnis yang mengahasilkan
produk, atau orang yang mengiklankan barang melalui media. Iklan berfungsi
untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat umum dan komunitas khusus, yakni
pelanggan.
b.
Komunikan-iklan
yang berfungsi untuk menambahakan pengetahuan mengenai barang yang diiklankan,
memperkuat persepsi yang positif mengenai sebuah produk, meyakinkan konsumen
agar tetap menggunakan suatu produk, dan lain-lain.
7.
Fungsi dampak ekonomi
c.
Prinsip bola
biliar-sekali pukul satu bola akan menyentuh sejumlah bola lain. Prinsip ini
menganalogikan bahwa setiap iklan akan merangsang hadirnya persaingan atau
munculnya produk lain yang lebih kompetitif.
d.
Dampak mikro
ekonomi iklan mengenai suatu produk dapat mendorong perubahan struktur ekonomi
mikro, misalnya perubahan skala ekonomi pada keluarga atau komunitas.
e.
Dampak makro
ekonomi iklan mengenai suatu produk yang dapat mempengaruhi perubahan struktur
ekonomi makro. Misalnya, harga saham dapat memengaruhi struktur ekonomi suatu
bangsa sehingga kita mengubah APBN atau
APBD.
E.
Merencanaan Iklan Kesehatan
Karena
iklan itu mengutamakan penyebarluasan informasi pesan melalui media dan
ditujukan kepada publik atau komunitas khusus (konsumen), maka dibutuhkan
perencanaan terhadap beberapa hal sebagai berikut :
1. Meneliti karakteristik publik atau konsumen.
“Know your
customer !” itulah prinsip yang
dipegang oleh para perencanaan iklan (perorangan atau biro iklan). Kadang –
kadang tema ini disebut dengan market research (riset pasar). Riset pasar
meliputi kategori pasar berdasarkan segmen psikograris, geografis, demografis,
dan kebutuhan setiap kategori itu pada barang yang akan dijual.
Keuntungan dari riset pasar :
a.
Kita dapat
mengidentifikasi pangsa pasar.
b.
Kita dapat
mengidentifikasi konsume.
c.
Kita dapat
mengidentifikasi kebutuhan pangsa dan konsumen terhadap barang yang sesuai
dengan pangsa tersebut.
d.
Kita dapat
membuat produk itu makin banyak dan berkualitas sehingga meningkatkan volume
penjualan.
e.
Kita dapat
memperbarui produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar atau
konsumen.
2. Meneliti pesan
iklan yang dibutuhkan pangsa pasar atau konsumen.
a.
Stuktur pesan
1)
Mengarah pada
kesimpulan pesan, pesan yang tersirat atau tersurat.
2)
Urutan
argumentasi, mana yang lebih dulu argumentasi yang menyenangkan atau yang tidak
menyenangkan.
3)
Pola
objektivitas pesan, pola satu sisi atau dua sisi.
b.
Gaya pesan
Variasi
linguistik, perulangan, mudah dimengerti dan mudah diingat, perbendaharaan
kata.
c.
Appeals message
1)
Mengacu pada
motif-motif psikologis dari pesan (rasional, emosional, fear appeals, dan
reward appeals), (Rakhmat, 1989). Penelitian pesan diatas berkaitan dengan
aktivitas pemassaran yang berpusat pada : 4P + 1S
2)
Product : mahal,
murah, harga bersaing, pengaruh terhadap keuntungan, BEP, dan lain-lain.
3)
Place : penjualan langsung melalui sales, distributor,
franchising, retail, dan lain-lain.
4)
Promotion : aktivitas
sales, diskon, door prize, undian, penggunaan media, dan lain-lain.
5)
Service : metode
dan teknik pelayanan (antar langsung, ambil sendiri, dan lain-lain).
3. Meneliti pilihan
cara/media menyebarluaskan informasi
a.
Personal selling
: siapa yang patut menjual (perempuan
atau laki-laki, tua atau muda, dan lain-lain).
b.
Non personal
selling : media yang paling baik untuk
dihgunakan, yakni : direktori, leaflet, brosur, poster, pamflet, web site,
e-mail, mailing list, broker, internet, surat kabar (display, warna, ukuran,
dan lain-lain), majalah, video, film, papan reklame, televisi, production house,
dan lain-lain.
Dari
riset ini kita dapat menentukan model iklan produk berdasarkan persepsi
konsumen terhadap perkembangan produk tersebut (barang baru, barang lama namun
dikemas, atau barang biasa, dan lain-lain).
1. Pionerring stage.
2. Competitive stage.
3. Retentive stage.
Tahap
perkembangan sebuah produk mengikuti model perubahan waktu spiral, dan para
pengiklan yang membuat pesan iklan biasanya menyesuaikan diri dengan
perkembangan persepsi konsumen terhadap barang tersebut.
1. Introduction
2. Growth
3. Maturity
4. Decline
F.
Dampak Sosial Dan Legal Dari Iklan Kesehatan
1. Dampak sosial
a.
Iklan membuat
bahasa kita menjadi bias.
b.
Iklan membuat
kita menjadi materialistik.
c.
Iklan melakukan
manipulasi pesan sehingga kita membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kita
butukan
d.
Iklan itu excessive
(melebih-lebihkan sesuatu).
e.
Iklan itu
bersifat ofensif atau membangun rasa buruk.
f.
Iklan membangun
stereotip.
g.
Iklan itu
deceptive.
h.
Iklan membangun
daya tahun.
2. Dampak illegal
a.
Pelanggaran
etika
b.
Pelanggaran HAM
c.
Menghina orang,
kelompok, suku bangsa, agama dan golongan lain.
d.
Menghina produk
lain.
e.
Membentuk
stereotip negatif terhadap produk lain atau SARA.
DAFTAR PUSTAKA
Christyloho.
2016.” Makalah Iklan Kesehatan”. http://christyloho.blogspot.co.id/2016/11/22makalah-iklan-kesehatan.html.
Diakses 04 November 2017.
2016.“Pengertian Iklan,
Syarat, Ciri-ciri, Jenis-jenis, dan Manfaatnya”.http://www.siswamaster.com/2016/05/29/pengertian-iklan-syarat-ciri-jenis-jenis-dan-manfaatnya.html. Diakses 04 November 2017.
Liliweri, Alo. Dasar-Dasar
Komunikasi Kesehatan. PUSTAKA BELAJAR.
Yogyakarta. 2007
Liliweri, Alo. Dasar-Dasar
Komunikasi Periklanan. Citra Aditya Bakti. Bandung. 1992
Play Emperor Casino Slots Online for Free
BalasHapusPlay Emperor Casino Slots, 바카라 online for fun or real money at Shoot Casino! Sign up and claim your welcome bonus and 카지노사이트 discover +3500 exciting online slots and table games. 제왕카지노